Senin, 11 Februari 2013

Paus Benediktus XVI Akan Mengundurkan Diri

Baru kali ini dalam sejarah dunia, bahwa seorang Paus Benediktus XVI Akan Mengundurkan Diri. Rencananya Paus Benediktus XVI Akan Mengundurkan Diri pada tanggal 28 Februari 2013 tepatnya nanti pukul 20.00 waktu setempat. Seperti yang dikatakan juru bicara Vatikan, Federico Lombardi seperti dilansir kantor berita AFP pada 11 februari 2013. Bagi umat Katolik tentunya ini menjadi tanda tanya yang sangat besar, kenapa gerangan Paus Benediktus XVI Akan Mengundurkan Diri.Ini baru pertama kalinya terjadi dalam sejarah modern Gereja Katolik.

Alasan pengunduran diri pemimpin tertinggi Gereja Katolik itu adalah karena dia merasa tak lagi punya kekuatan untuk memenuhi tugas-tugasnya, mengingat usianya yang sudah sangat lanjut. Paus Benediktus telah berumur 85 tahun.

"Untuk alasan ini, dan dengan penuh kesadaran atas seriusnya hal ini, serta dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meninggalkan jabatan sebagai Uskup Roma dan penerus Santo Petrus," kata Paus dalam pertemuan dengan para kardinal di Vatikan hari ini.

Paus Benediktus sebelumnya pernah mengisyaratkan dalam wawancara buku tahun 2010, bahwa dirinya mungkin mengundurkan diri jika dia merasa tak lagi sanggup melaksanakan tugas-tugas kepausannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar